First Anniversary and Three – Oh Reflection.

Hi everyone (who somehow still come to this page). I know I kind of abandoned this blog lately. I planned to post on my wedding anniversary, and when I failed, I planned to post on my birthday, but then it went by without a post either. Somehow it’s really difficult for me to find the will to write more than 1 paragraph, even when I have so many ideas about what to write inside my head. I know that perhaps every reader of this blog have left so long ago. But I still want to hang on to this page, because I remember how helpful writing was for me in some difficult times personally.

So, I had my 30th birthday 2 months ago. I reached the 3 – 0. I’m no longer in my twenties. I don’t know what really change actually. Maybe more like losing my will to explore new things, and my apathy about drama (real life, not k-drama) kind of hit me hard lately. I found out that my new workplace tends to have a lot of unnecessary drama that I kind of lose my  own inner drama, that usually helps with my artistic side. I stuck myself watching so many TV shows, movies and K-Dramas, that it kinda turned my creative button off, because I became a passive receiver of entertainment, rather than creating new things. Yes I did have some experiments with drawing (maybe I’ll post about it later, but I already posted the drawing in my IG), but it only lasted for about 2 drawings, and I’m stuck. But I don’t want to complain too much about my new environment, because I try (my best) to be responsible about my own life choices, including my decision to move here. Maybe I just need to find my own motivation to do more things outside of work to make myself feel better, and stop hoping that someone else will do something about it. But I guess I’m just not there yet.

I also had my first wedding anniversary about 4 months ago. It just went by like any other day, because neither of us feel comfortable in romantic setting. Maybe because we’ve been friends for forever before, everytime anyone of us tried to say or do something romantic, the other one will just LOL, and the moment will just pass. Our kind of sweet moments come from some mundane and menial things, like when he cleans the whole house when he came home before me because he knows that I prefer cooking than cleaning. Or when he tried to write a letter for my birthday (which resulted in an awkward but very cute short letter) because he had no idea what kind of gift to give me. There are so many moments that maybe for other couple isn’t so special, but for us it’s our sweetness cup of tea.

Our first few months was filled with annoyance and adaptation (which more often than not resulted in a conflict) like I’m sure so many other couples who just start living together do. But now we learned to just roll our eyes or huff when we starts to annoy each other because we figure out that not everything worth yelling for. One other thing I learn is never hope or ask for a man (or anyone really) to guess or read what’s on your mind. Just say what you need to say, even when your pride gets in the way. And it turned out great for us. We (him especially) learned to not let a conflict went on too long, and will start apologizing no matter who started it. We always make an effort to appreciate and say thank you for every good deed we do for each other. I won’t give any tips or trick on marriage because we’re like the ultimate newbie in marriage world. I won’t pretend that we’ve figure everything out, because honestly, we haven’t. We still have so many things in store for us to learn. But one thing for sure, it gets better. (There are many times when I got annoyed because someone who just got married for a year or two tried to be the wisest adviser about marriage in social media, by posting like a know it all caption. Sorry, my inner cynical, dark and twisty self still comes out once in a while, especially triggered by social media posts. Haha.)
I once heard someone said, that a good marriage can happen between two adults, or two kids. And I think both of us are kids at heart. We found our own way to find the fun in many things. Something that perhaps hard to believe for people who knows my husband, because he’s like the ultimate introvert and always seems very cold on the outside. But somehow, he becomes a very different person around me. On the contrary, every people who knows me will say that I am a kid almost all of the time. So no surprise there.

Anyway, I think it’s a decent (in terms of length) post, considering how long I’ve been dormant. So I’ll finish this here for now. See you on my next post. Don’t know when though. *shrug*

Advertisements

Trying to Get My Mojo Back.

Haloooo.. It feels like it’s been ages since I visited my blog (or remember about it, really). How’s life? How’s 2017 treating you? Me? I just went through a massive change in my life. I got married, I move from Jakarta to Surabaya, I live with a guy now (Le Husband), and so many things are kind of a first experiences for me. It turns out that marriage life is demanding more of my time than I originally thought, not that it’s a bad thing, don’t get me wrong. Anyway, I left Jakarta about 5 months ago to Surabaya, the second biggest city in Indonesia, where I was born and spend my college years. Still in the Ministry (of magic), the branch office of East Java Province. My new workplace hasn’t been giving me a lot of creative vibe, nothing really stimulating, hence the lack of writing. Not that I’m not happy being close to my husband, it’s just that the “career”  part of my life isn’t that exciting anymore. I guess I’ll have to adapt and accept that. Now I want to try to find my zone in the creative part, and I guess I’ll just have to start from this blog first. I actually have some topics that I wrote on my phone’s note, but nothing have come to fruition yet. So I’ll start small by writing this single paragraph, and hoping to continue from there. Hope that there’s still some people interested in reading this, because I’ve always loved writing here. Hope to see you soon!

Wedding Items Part 2.

Okay, because I’ve made the last post part 1, so I think I should’ve made a part 2 post. Dan karena saya mencurahkan waktu, tenaga, darah (literally) dan air mata untuk menyelesaikan  wedding item yang satu ini, jadi rasanya harus diabadikan dalam postingan blog.

Jadi, waktu mulai merancang wedding, saya sudah bertekad kalau saya ogah pakai baju pengantin yang larger than life. Saya maunya baju pernikahan saya simpel, tapi tetap berkesan dan sesuai sama kepribadian saya (meskipun sampai sekarang masih belum nemu jati diri). Suatu hari saya sama Ibu+Papa+Adik (sebagai WO merangkap supir) jalan2 ke Jembatan Merah Plaza, yang di Surabaya dikenal sebagai salah satu pusat grosir kain. Nah, sebelumnya, saat mau menentukan warna tema, somehow saya tertarik dengan warna pink salmon, atau dusty pink, atau sekitaran itu, dan kebetulan, waktu kami ke JMP, saya nemu kain brokat cantik dengan warna yang sesuai banget dengan yang saya mau.

Setelah dapat kain, saya langsung buka pinterest, dan cari model baju pengantin muslim, karena saya maunya pake rok, bukan kain jarit Jawa. Setelah nemu model, langsung deh cari penjahit baju manten yang oke di Mojokerto. Kenapa di Mojokerto? Karena ongkos jahitnya pasti lebih murah. Dan bener dong, dengan hasil yang cocok buat saya, ukurannya pas, ongkosnya ± 500.000 rupiah saja! Score! Tapi memang bener2 cuman jahit bajunya, tanpa payetan, karena saya punya ide gila, yaitu: MAU JAHIT PAYET BAJU PENGANTIN SENDIRI. Iya, GILA. Kalau dipikir2 sekarang masih ga percaya saya nekat mau payet sendiri dengan jangka waktu yang ± cuma 2 bulan, dengan pengalaman minim soal payet memayet. Kalau masalah jahit menjahit sih udah biasa (jahit tangan, bukan pakai mesin). Yang pasti, yang ada dalam otak saya, setelah ngobrol dengan salah seorang senior di kantor, payet baju sendiri itu memungkinkan. Dia dulu beli swarovski asli (khusus untuk payet, jadi ada lubangnya) di Toko Renda Senayan City dan jahit payet sendiri baju akadnya, sambil dicicil pelan2 kalo di kantor lagi ga terlalu sibuk. Jadi saya jalan2 deh ke Toko Renda yang sekarang berubah nama jadi Torenda, di lantai 4 Senayan City. Disana bisa milih berbagai macam swarovski dengan berbagai bentuk dan berbagai warna. Bisa kalap kalau liat langsung.

Masalah selanjutnya setelah baju pengantin selesai dijahit dan swarovski sudah didapat adalah: mau payet model pegimane? Awalnya bayangan saya swarovskinya cukup ditempel aja diatas kain brokat, semacam sprinkle gitu. Major fail. Dari jauh ga kelihatan dan brokatnya kurang support untuk kristal yang agak besar. Akhirnya saya minta tolong sama temen kantor+ salah satu bridesmaid saya, Eni, buat ide desain. Dia jago gambar desain baju. Dan keluarlah solusi, payet swarovski akan disebar diatas renda bordir nuansa emas, dengan motif bunga.

Jadilah saya seret2 Eni dan Puspa (seksi dokumentasi sesi jahit) buat nemenin saya berangkat ke Thamrin City sepulang kantor buat cari renda bordir, karena harga renda disana lebih murah dibanding Pasar Mayestik (tapi kualitas renda di Pasar Mayestik memang jauh lebih bagus). Untuk tahapan awal saya dibantuin temen2 seruangan buat gunting+nempel renda bordirnya sesuai desain gambar awal pakai jarum pentul (iya, di ruang rapat kantor waktu longgar). Rencananya adalah semua pola renda akan saya jahit terlebih dulu, baru saya akan tempel swarovski di titik2 tertentu buat aksennya. Yang kemudian saya sadari adalah, swarovski yang saya beli pertama kali masih jauh dari cukup, and I ended up buying more and more, and more. Jadi, biaya beli swarovski akhirnya jauh lebih besar dibandingkan biaya beli kain+jahit bajunya. Oh, well. saya sih belinya nyicil, pas ada duit nambah lagi.

Saya ngebut jahitnya waktu sepulang kantor atau weekend. Dan saat itulah saya menyadari kalau saya beneran ambisius tentang ide “jahit payet baju pengantin sendiri” ini. Saat waktu semakin mepet saya udah hampir putus asa dan kepikiran buat kasih aja ke penjahit profesional di Blok M atau Mayestik. Tapi hati saya rasanya ga rela, because I know I can do it. And I DID DO IT! Sayangnya foto2 disini ga bisa menggambarkan kalau kristalnya berkilauan saat kena cahaya. Bisa dilihat di video sih (tapi belum upload juga sampai sekarang).

Kesimpulannya dari pengalaman saya, GA USAH TERLALU AMBISIUS kalau lagi nyiapin pernikahan, karena bakal banyak faktor yang bisa bikin Bride itu stress, dan memutuskan untuk payet baju sendiri itu cari masalah namanya. Tapi Alhamdulillah baju saya bisa selesai tepat waktu (dengan penuh drama), dan saya bisa bangga karena pernah nekat jahit payet baju pengantin sendiri dan berhasil. Because I plan to do it only once anyway.

I guess this is it for my wedding posts. I don’t think I can write about it in another post. I have something else to write about (hopefully) soon. See you!

Wedding Items Part 1.

Hello everyone. So I’ve wrote the story of how I met my Husband (wow, I feel like such a grown up just writing that word. Hahaha), and I’m sure that’s beautiful and all, tapi jangan terbuai dengan angan indah tentang pesta pernikahan, kenyataannya menyiapkan pernikahan ituuuu… riweuh Bung!

Sebelum saya mulai untuk posting rangkaian tulisan ini, perlu saya jelaskan bahwa saya adalah tipe orang yang berkeyakinan kalau inti dari pernikahan (ritualnya) adalah proses akad/ijab qobul, pendaftaran ke KUA, dan pemberitahuan/pengumuman bahwa si Roma dan Ani sudah menikah. Dan saya selalu bergidik sendiri saat membayangkan betapa manten itu harus berdiri ±2 jam di atas panggung sambil pasang senyum paling manis. Jadilah saya bertekad bahwa saat saya menikah nanti, saya maunya efektif dan efisien aja, acara akad, pengajian, selesai. Yang belum saya sadari adalah, dalam “pesta” pernikahan itu, suara hati manten akan dikalahkan oleh keputusan orangtua manten, dalam hal ini terutama Ibu saya.

Kondisinya, saya adalah anak kedua dari 3 bersaudara, dimana Mbak (kakak perempuan) saya sudah menikah ±7 tahun yang lalu, sedangkan adik saya laki-laki. Dalam adat keluarga Jawa, secara de jure yang mengundang memang dari kedua belah pihak keluarga manten, tetapi secara de facto, orang pasti sudah mahfum bahwa yang punya gawe adalah terutama keluarga manten perempuan. Saat Mbak saya menikah, acara “pesta”nya diadakan di halaman rumah, dengan undangan yang tidak terlalu banyak, karena proses lamaran sampai dengan tanggal pernikahannya tidak selisih lama, jadi orang tua saya memutuskan untuk mengadakan acara yang “sederhana” saja. Sekarang, saat akhirnya anak perempuannya yang kedua ini (yang sampai akhir tahun kemarin belum ada bau2 mau ketemu jodoh) dilamar, orang tua (Ibu sebagai driven force) saya memilih untuk menyelenggarakan acara yang secara konseptual lebih besar. Selain itu teman2 kerja saya juga dari Jakarta, yang notabene harus meluangkan waktu dan biaya kalau akan kami undang, jadi kalau bisa setidaknya acaranya yang “pantes”; etc.

Setelah dianalisa, dari segitu banyak latar belakang, satu hal yang memang harus saya sadari dan saya maklumi adalah: sungguh, sekali lagi sungguh, acara mantenan itu adalah acara orang tua manten, bukan mantennya sendiri. Setelah berbagai tarik ulur dan perundingan, akhirnya saya pasrah kalau memang pernikahan saya akan mengundang tamu  yang lumayan banyak, dan karena itulah tidak bisa diselenggarakan di rumah. Saya setuju dengan penyelenggaraan acara di gedung, tetapi dengan syarat bahwa konsepnya mengikuti keinginan saya, dengan diwakili adik saya sebagai wedding organizer amatir (karena ga dibayar) karena saya bakal lebih sering jauh dari rumah.

Nah, setelah saya menjelaskan tentang latar belakang kenapa pernikahan saya jadi “pesta” yang berbeda dari apa yang pernah saya bayangkan, bab – bab selanjutnya saya akan (usahakan) posting tentang persiapan pernikahan, yang mungkin saja bisa bermanfaat, utamanya buat pembaca (cailah) dari kota kecil saya, Mojokerto. Ya setidaknya kalaupun belum bisa bermanfaat (seperti post2 saya pada umumnya), bisa jadi kenangan buat saya. Semoga saya sempat napas sejenak buat mencatat nantinya.

Wedding items:

Read More »

New Phase.

Hello everybody. Well as for now I’m sure that it’s not so strange for me to abandon the blog for months, and now I had a very convincing reason why. Just like I’ve wrote in the last post, I was preparing for a life changing moment. Yes, I GOT MARRIED, like 3 weeks ago. Saya sudah jadi istri orang sekarang. Weird? Yeah. Terrifying? You bet. Content? Absolutely.

Kalau ada yang bertanya, apakah pendapat saya tentang pernikahan yang pernah saya ungkapkan di beberapa postingan sebelumnya berubah setelah saya menikah? Jawaban saya, tidak. Saya tetap berpendapat bahwa menikah bukan tentang usia, bukan tentang pandangan orang tentang diri kita. Tetapi lebih banyak tentang bertemu dengan orang yang tepat. Orang yang akan membuat kita mau dan rela menghentikan petualangan kita sebagai manusia2 single, karena pernikahan bukan solusi masalah, melainkan masalah lain yang benar2 berbeda. Kalau masih single, berarti masih diberi kesempatan buat memperkaya diri sendiri. Buat yang sudah menemukan pasangan, ga perlu lah mengeluarkan pernyataan2 yang cenderung “pamer” atau ngece yang masih jomblo. Nemuin pasangan itu bukan prestasi. Prestasi itu kalau sudah nemu pasangan, dan bahagia sampai maut memisahkan. Cailah.

Kami saat ini masih tinggal berjauhan, saya di Jakarta, Mas Suami di kota asal kami, Mojokerto. Jadi kalau ada yang bertanya, gimana rasanya setelah menikah, saya bakal jawab, belum kerasa beda banget. Saya weekend ini masih di kosan sendirian, masih keluar cari makan sendirian, kemarin masuk angin juga bisanya panggil jasa pijet online. Sepertinya ini memang jadi masalah umum buat pasangan suami-istri masa kini ya. Banyak teman2 saya yang juga harus menjalani LDM (Long Distance Marriage), jadi kalau saya mau cengeng kok rasanya malu. Tapi saya selalu keinget kata2 Mas Suami, “Jangan sampai kita merasa terbiasa dengan LDR.” Alasannya karena menurut dia, ga seharusnya pasangan suami-istri itu nyaman dengan kondisi LDR. Terpaksa menjalani itu berbeda banget dengan menikmati. Jadi ya memang kami harus menerima kondisi sementara ini, tapi jangan sampai jadi terlalu enjoy dan lupa bahwa tujuan akhirnya adalah supaya kami nantinya hidup bersama. Jadi ya kalau saya cengeng2 dikit gapapa lah ya. Huft.

Okay, enough with my rant about our LDM. Saya sebenernya mau bikin postingan tentang persiapan acara wedding kami, tapi karena foto2 acara belum selesai diproses sama fotografernya, jadi saya tunda dulu biar lebih afdol postingnya. Jadi ini sekedar bersihin sarang laba2 aja. Biar ga dikira blognya udah ditinggal pergi sama yang punya. See you soon!

Love – Part 10. Tuhan Tahu, Tapi Menunggu

Cinta pertama. First love. What comes to your mind when you hear that phrase?

Seseorang yang biasanya tidak bisa dimiliki? Saat pertama kalinya kupu-kupu beterbangan di dalam perut karena kehadiran seseorang? Atau sekedar cinta monyet yang biasanya pelan2 memudar seiring kedewasaan datang?

Buat saya, cinta pertama itu kenangan tentang seorang teman. Teman yang namanya menghiasi halaman2 diary saya selama masa remaja saya dengan tumpahan rasa giddy, bahagia, kesal, sedih. Selayaknya romantisasi cinta pertama ala drama Korea atau sinetron remaja jaman sekarang, masa sekolah kami lebih banyak dihabiskan dengan arguing, bickering, dan tentu saja, saling panggil nama orang tua (anak jaman sekarang masih begini ga sih?). Saya dan dia jadi teman sekelas saat kami kelas 2 dan 3 SMP (semacam kelas 8 dan 9). Bedanya dengan drama korea, meskipun selanjutnya kami tetap satu sekolah saat SMA dan bahkan berada di satu organisasi yang sama, hubungan kami tidak pernah lebih jauh dari teman. Setelah melihat ke belakang, sampai sekarang saya kurang paham kenapa bisa sampai dia jadi cinta pertama saya. Dia cuek, seringkali keras kepala, cowok baik2 yang selesai sekolah langsung pulang ke rumah (beda banget sama saya yang… well, let’s say that those years were my rebelling phase), dan to be honest, saya sempat meragukan apakah dia pernah tertarik sama lawan jenis (hehe). Saat kuliah, meskipun kami kuliah di tempat yang sama, kami cuma saling kontak dan bertemu sekali (yang alasannya saya lupa), dan semua perasaan saya sebelumnya terhadap dia pun pelan2 menghilang.

Selepas kuliah, saya merantau ke Jakarta, dan kami pun hilang kontak setelahnya. I thought that was the end of our story. Up until a few months ago.

Read More »

Padang, West Sumatera. Gorgeousness All The Way.

So I forgot to write this journey and wrote the Kebun Raya Bogor trip instead. I went to Padang for an assignment to a remote area (our Ministry has a lot of projects in all corners of Indonesia) with two of my seniors in 15th of December 2016 until  the 17th. We arrived in Padang at night, so we don’t really have anywhere to go. What we didn’t know was that the project was about 200 km from Padang, so it was quite a journey. Thankfully, or driver was really nice. We depart from our hotel the next day at 9 o’clock, and I thought that we would reach our destination at about 12 o’clock. But boy was I wrong. The journey took more than 4 hours through hilly roads, but the view was amazing. The assignment only took 3 hours, so our driver suggested that we visited some of West Sumatera’s best tourist spots.

The first one was Pagaruyung palace which reside in Batusangkar. The entrance fee was about IDR 10.000 (I’m sorry I forgot). When we arrived there, it was almost sunset, so I didn’t really expect to explore so much, but we managed to rent Minang’s traditional attire which costs IDR 35.000 per piece and took a bunch of pictures inside.

From Pagaruyung, we went to visit a “magical” stone called “Batu Angkek-Angkek”, which has a very interesting legend. Locals said that if you can lift the stone easily whilst wishing for something, then your wish is bound to come true, if you can’t then, well… The stone itself had been weighed by many, and not one had the exact weight. There are pictures in the gallery to give you a better perspective of the stone. However, the caretaker emphasize not to take the legend too deeply, because everything depends on our effort and God’s will. They didn’t charge a certain amount of entrance fee, but you are welcome to give a voluntary donation that you put inside a basket behind the curtain (I’ll show it the gallery).

Here are some of the photos that I took. I really rarely put my own picture in this blog, but the one that I post here was suppose to give a peek inside the Pagaruyung Palace.