Kebun Raya Bogor. First Trip of The Year.

Halo semuanya. I will write this post mostly in Indonesian, because, well, just because. Jadi dalam rangka mengisi waktu luang pas liburan tahun baru, saya sama beberapa junior2 imut saya (Puspa, Eni, Vita) berencana buat pergi ke Kebun Raya Bogor naik KRL. Well, naik keretanya masing2 sih, saya berangkat dari stasiun Pasar Minggu, Puspa dari Pondok Cina, Eni sama Vita dari Bekasi, dan kami janjian ketemu di stasiun Bogor. Kami mau berangkat pagi tanggal 1 Januari 2017, karena perkiraan kami jalanan dan tempat wisata bakalan sepi karena banyak orang yang masih recuperate dari perayaan tahun baru semalam. Kenyataannya? WROOOOONG.

Sewaktu saya turun dari ojek di stasiun Pasar Minggu sekitar jam 9 pagi, antrian loket udah mengular. Untungnya saya udah nyiapin uang elektronik jadi ga perlu antri untuk beli tiketnya. Setelah masuk peron, ternyata udah banyak banget Ibu2 dan Bapak2 yang bawa anak2 piyik udah stand by di peron, dan dari hasil nguping, sadarlah saya bahwa saat liburan begini, Kebun Raya Bogor itu adalah salah satu tujuan wisata keluarga, yang notabene pada ga ikut teloletan pas malem tahun baru. Yasudahlah, udah nyampe stasiun ini, saya kuatkan tekad, meskipun hari itu adalah hari pertama siklus bulanan yang biasanya bikin saya nyeri setengah mati (saat itu saya belum ngerasa sakit atau gimana2).

Waktu kereta datang, saya sengaja pilih gerbong wanita, karena saya mikir toh pasti berdiri juga, mending di gerbong wanita supaya lebih nyaman. Setengah perjalanan udah mulai deh kerasa kaku dan nyeri perut saya, tapi masih mikir, ah, tahan lah. Waktu sampai di stasiun UI (seinget saya 6 stasiun sebelum stasiun Bogor) mulai deh kram dan nyeri perut saya makin parah. Mau minta tempat duduk ga enak, karena banyak banget Ibu2 yang lagi gendong anak kecil. Ternyata si Puspa naik kereta yang sama, tapi beda gerbong sama saya. Sesampainya di stasiun Bogor, saya langsung cari bangku buat duduk sambil nunggu Puspa, karena kaki saya udah gemeteran. Begitu ketemu, Puspa bilang kalau muka saya pucat banget, sampai blush on saya pun ga keliatan. Kami istirahat dulu di mushola buat kontak yang dari Bekasi sambil nunggu kram saya reda (tips: minum soda bisa bikin nyeri haid cepet reda, meskipun saya ga tahu efek samping lainnya ya, hehehe). Ternyata, antrian kereta di Bekasi jauh lebih ngeri, sampai di luar stasiun, dan akhirnya kloter Bekasi nyerah dan batal berangkat. Karena udah sampai Bogor, saya sama Puspa memutuskan untuk tetap jalan ke Kebun Raya, setelah sakit saya reda.

Dari stasiun Bogor, kami jalan kaki ±10 menit sampai gerbang samping Kebun Raya (letaknya ada di belakang Kantor Pos). Disana ada loket untuk tiket, yang harga per orangnya @ IDR 14.000. Untuk cerita selanjutnya akan saya tulis sekalian di Gallery foto yaaa…

Saya dan Puspa keliling jalan kaki di dalam Kebun Raya mulai dari jam 11.00 WIB sampai keluar kompleks Kebun Raya jam 14.30 WIB. Itupun masih banyak poin menarik yang ga bisa kami kunjungi, termasuk bunga bangkai karena tenaga udah terkuras habis.

Yang perlu diperhatikan, kalau mau jalan2 di Kebun Raya siapin fisik, pakai baju yang nyaman, pakai sun block, payung atau kacamata anti UV kalau perlu, pakai sepatu/sandal yang enak buat dipakai jalan, bawa air minum, dan kalau perlu bawa bekal makanan, karena banyak spot yang enak buat piknik (note, banyak abang2 yang jual plastik buat alas piknik kalau males bawa2 tikar).

Kebersihan Kebun Raya sayangnya kurang dijaga. Meskipun pengelola sudah menyiapkan tempat sampah yang jumlahnya lumayan, masih banyak spot yang kurang bersih, termasuk sungainya. Selain itu, bentuk tempat sampah yang terbuka (dibentuk mirip batang pohon) bikin sampahnya cukup mengganggu kalau mulai penuh, yang pasti terjadi kalau pengunjungnya sedang peak seperti kemarin.

Anyway, saya masih berencana mengunjungi Kebun Raya Bogor lagi di waktu yang lebih kondusif, jadi bisa menjelajah lebih leluasa.

See you on my next trip/post!